Labels

Newsletter

Pratama Arhan Janjikan Tokyo Verdy Promosi ke J1 League

Posting Komentar

Pratama Arhan

Mastersave88 - Kini bertambah lagi pemain muda indonesia yang bermain di luar negeri. Setelah Egy Mauluana Vikri, Witan Sulaiman dan Asnami, sekarang Pratama Arhan yang keluar dari Liga Indonesia ke Liga Jepang kasta ke dua.

Kepindahan Pratama Arhan dari Klub PSIS Semarang ke klub Jepang yang berlaga di J2 League, Tokyo Verdy diumumkan secara resmi pada Rabu (6/2/2022) pagi WIB.

 "Bersama ini kami umumkan kepastian akan bergabungnya Pratama Arhan dari PSIS Semarang melalui transfer permanen," bunyi pernyataan resmi Tokyo Verdy.

"Ini merupakan kali pertama bagi kami, Tokyo Verdy, mendapatkan pemain asal Asia Tenggara," lanjut pernyataan tersebut.

Berdasarkan informasi yang kami dapat, Pratama bergabung dengan Tokyo Verdy dengan status permanen. Pemain muda terbaik AFF 2020 tersebut dikuntrak berdurasi selama dua tahun. 

Sejarah Klub Jepang Tokyo Verdy

sejarah tokyo verdy

Sebelum beralih nama Tokyo Verdy, klub yang berdiri pada akhir 1960 ini mulanya bernama Yomiuri FC. Klub ini bernaung di bawah manajemen tim bisbol Jepang Yomiuri Giants.

Yomiuri FC punya rekor istimewa yakni mampu memenangi lima gelar di kasta teratas Liga Jepang yang saat itu masih bernama Japan Soccer League atau JSL hingga musim 1992.

Dengan kebijakan merekrut para pemain bintang, Yomiuri FC sukses menjuarai JSL Divisi 1 sebanyak tujuh kali. Yomiuri FC pun didapuk sebagai kampium liga terbanyak di kancah sepakbola Jepang.

Tak hanya di level Jepang, klub yang pernah dihuni Ruy Ramos hingga Kazuhoshi Miura ini juga berhasil merengkuh tropi Liga Champions Asia yang saat itu masih bernama Asian Club Championship di musim 1987-1988.

Yomiuri FC berubah nama seiring bergantinya liga Jepang dengan label J.League. Klub tersebut berganti menjadi Verdy Kawasaki.

Bergantinya nama tak membuat klub yang bakal dibela Pratama Arhan ini hilang magisnya.

Selama 12 tahun berlaga di kasta teratas Liga Jepang, Verdy Kawasaki berhasil menambah koleksi trofinya yakni Emperor's Cup serta tiga gelar J.League.

Namun usai J.League musim 1995 performa Verdy Kawasaki menurun. Dukungan pun mulai surut semenjak munculnya rival mereka Kawasaki Frontale hingga Yokohama Marinos.

 Pada tahun 2001 Verdy pindah ke Tokyo dengan markas baru di Stadion Ajinomoto menjadi Tokyo Verdy 1969.

Dengan nama baru Verdy mengalami pasang surut. Performanya benar-benar merosot di J.League musim 2005 dimana mereka finis pada posisi ke-17.

Verdy sempat mampir sebentar kembali ke kasta teratas Liga Jepang sebelum kemudian kembali terjerembab ke Liga 2 Jepang pada 2009.

Janji Pratama Arhan Kepada Tokyo Verdy

Pratama Arhan Janjikan Tokyo Verdy Promosi ke J1 League
Mimpi besar Pratama Arhan bermain di luar negeri terwujud setelah Klub Liga jepang kesemsem dengan penampilan apik pemain berusia 20 tahun ini. Setelah mendapat predikat pemain muda terbaik di Piala AFF 2020. Kini Pratama Arhan sudah resmi bergabung ke Klub J2 League Tokyo Verdy. 

"Saya bersyukur. Satu di antara cita-cita saya untuk bermain di luar negeri bisa terwujud dalam waktu dekat," ujar Pratama Arhan.

"Tak lupa saya juga mengucapkan terima kasih kepada manajemen PSIS dan agen saya yang telah membantu proses bermain di luar negeri ini dan tidak menemui kesulitan dalam prosesnya," jelas Pratama Arhan.

Pratama Arhan berjanji akan mengerahkan segala kemampuan terbaik, termasuk semua kelebihannya sebagai bek sayap kiri.

"Dengan kecepatan, umpan silang, suplai bola, hingga lemparan jauh ke kotak penalti. Saya meminta dukungan dari semuanya," imbuh Pratama Arhan.

"Saya berjanji akan memberikan 100 persen. Yoroshiku Onegaishimasu," ujar pemain muda terbaik Piala AFF 2020 dan Piala Menpora 2021 itu.

Selain itu, lewat akun resmi twitter miliknya, Pratama arhan berkata sangat senang dan ingin membawa Tokyo Verdy kembali ke kasta tertinggi Liga Jepang. 

"Halo semuanya, saya Pratama Arhan, bek kiri Timnas Indonesia. Saya sangat senang bergabung dengan Tokyo Verdy, satu di antara klub tersukses di Jepang," ucap Pratama Arhan di akun Twitter @TokyoVerdySTAFF, Rabu (16/2/2022).

"Saya ingin berkontribusi maksimal untuk Tokyo Verdy dan akan memperjuangkan peluang tim untuk kembali ke kasta teratas Liga Jepang," imbuh Pratama Arhan.

J2 League musim ini akan dimulai pada 19 Februari 2022. Pratama Arhan kemungkinan bakal melewatkan sejumlah partai Tokyo Verdy di awal musim karena harus mengurus administrasi. 

 


Kita doakan saja, semoga pemain muda indonesia yang bermain diluar negeri tampil menjadi lebih baik dan bisa membela Timnas Indonesia di ajang tertinggi dunia.

Related Posts

Posting Komentar