3OyBtN5VNys6Is1fNMQy30ojvwXN07RCsYh9Wkvj
Bookmark

Jadwal Lengkap Grand Prix F1 Azerbaijan 2023

Jadwal Lengkap Grand Prix F1 Azerbaijan 2023
Mastersave88 - Max Verstappen dari Red Bull berada di posisi terdepan untuk memenangkan gelar Kejuaraan Pembalap F1 ketiga secara berturut-turut ketika dia memimpin klasemen dengan selisih 15 poin dari rekan setimnya Sergio Pérez menjelang Grand Prix Azerbaijan akhir pekan ini di Sirkuit Kota Baku.

Pembalap Belanda itu mengklaim kemenangan dengan penampilan apik terakhir kali di Australia, bersama Perez finis P5 setelah insiden yang merusak usaha kualifikasinya - yang artinya pembalap Meksiko itu memulai balapan dari pitlane.

Beberapa akan berhadapan melawan Red Bull mengklaim kemenangan balapan keempat secara berturut-turut di Baku - RB19 telah menjadi raja di lintasan dengan jarak tertentu di beberapa minggu awal musim dan menaklukan beberapa sirkuit yang mempunyai kecepatan lintasan lurus. Sebuah keuntungan yang dimiliki Red Bull.

Red Bull sekarang ini memimpin klasemen konstruktor dengan 58 poin dari Aston Martin yang baru menjalani tiga balapan musim ini.

Mercedes adalah rival terdekat Red Bull Satu Dua dengan Lewis Hamilton menyelesaikan P2 - podium pertama juara dunia tujuh kali musim 2023. Mobil W14 terlihat sangat cepat di Albert Park, Hamilton dan rekan setimnya George Russell memimpin pada tahap awal balapan setelah penampilan yang baik di kualifikasi.

Fernando Alonso, berada di urutan ketiga klasemen pembalap Aston Martin setelah tiga kali finis P3 berturut-turut, terpaut sembilan poin dari Pérez dan 24 poin di belakang Verstappen setelah tiga balapan. Rekan setimnya pembalap Spanyol Lance Stroll finis P4 di Albert Park.

Grand Prix Australia bisa menjadi awal kebangkitan McLaren. Lando Norris dan Oscar Piastri diuntungkan dari beberapa drama akhir untuk mengamankan finis P6 dan P8 – akhirnya mengklaim poin pertama dalam karir F1-nya. Itu mendongkrak McLaren dari posisi 10 ke posisi kelima di klasemen konstruktor.

Nico Hülkenberg dari Haas mencatat poin pertamanya sejak kembali ke grid F1 sepenuhnya dengan finis P7, sementara Zhou Guanyu dari Alfa Romeo dan Yuki Tsunoda dari AlphaTauri melengkapi posisi pencetak poin terakhir di Melbourne.

Sementara itu, Alpine berharap perubahan nasib yang baik setelah DNF ganda mereka di Australia. Esteban Ocon dan Pierre Gasly, yang sama-sama mengejar poin, bertabrakan setelah re-start balapan yang terlambat.

Sejauh ini kekecewaan besar di musim ini adalah Ferrari, dengan semua hype seputar mobil SF-23 mereka seakan musnah di start yang buruk. Charles Leclerc dan Carlos Sainz berharap lebih baik di Baku.

Grand Prix Azerbaijan akan berlangsung selama 51 lap. Baku juga akan menjadi tuan rumah Sprint Race pertama musim F1 2023. Kualifikasi sprint akan berlangsung pada hari Jumat dengan Sprint Race pada hari Sabtu dan Grand Prix pada hari Minggu.

Grand Prix Azerbaijan 2023: jadwal dan waktu mulai

Latihan 1: Jumat April 28, 1330 waktu setempat

Kualifikasi: Jumat April 28, 1700 waktu setempat

Latihan 2: Sabtu April 29, 1330 waktu setempat

Sprint Race: Sabtu April 29, 1730 waktu setempat

Balapan: Minggu April 30, 1500 waktu setempat

Grand Prix Azerbaijan: Statistik Utama
Lima balapan di Sirkuit Kota Baku telah menghasilkan lima pemenang Grand Prix Azerbaijan yang berbeda. Daniel Ricciardo mengklaim kemenangan perdana pada 2017 untuk Red Bull - salah satu dari tiga keberhasilan tim yang bermarkas di Milton Keynes.

Mercedes mengklaim kemenangan pada 2018 dan 2019 bersama Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas masing Рmasing meraih kemenangan dalam balapan. Sergio P̩rez meraih penghargaan tertinggi pada tahun 2021 bersama juara dunia bertahan Max Verstappen di podium teratas 12 bulan lalu.

Trek Grand Prix Azerbaijan: Sirkuit Kota Baku
Sirkuit Kota Baku adalah lintasan sepanjang 6,003 km melalui ibu kota Azerbaijan. Sejauh ini telah menjadi tuan rumah enam Grand Prix - lima repitisi dari balapan Azerbaijan ditambah Grand Prix Eropa 2016, balapan yang dimenangkan oleh Nico Rosberg dari Mercedes.

Sektor satu sirkuit mencakup empat tikungan mendekati 90 derajat - tiga ke kiri dan satu ke kanan - sebelum memasuki sektor dua yang rumit mencakup deretan tikungan sempit melewati Menara Maiden. Sektor tiga lurus penuh menuju garis start finish.