3OyBtN5VNys6Is1fNMQy30ojvwXN07RCsYh9Wkvj
Bookmark

Jadwal dan Prediksi Grand Prix F1 Belgia 2023

Jadwal dan Prediksi Grand Prix F1 Belgia 2023
Mastersave88 - Setelah mencatat kemenangan balapan F1 ke-12 secara beruntun yang memecahkan rekor di Grand Prix Hungaria, Red Bull ingin memperpanjang rekor itu saat paddock F1 mengunjungi Belgia dan Circuit de Spa-Francorchamps yang ikonik akhir pekan ini.

Pemuncak klasemen pembalap Max Verstappen, dirinya sendiri memiliki tujuh kemenangan balapan secara berturut-turut, sangat diunggulkan untuk meraih kemenangan untuk tahun ketiga secara berturut di Belgia menyusul kemenangan pada 2021 dan 2022.

Juara dunia bertahan dua kali itu memiliki keunggulan 110 poin atas rekan setimnya Sergio Pérez di klasemen, dengan gelar ketiga berturut-turut hampir tidak dihindari.

Gelar konstruktor lainnya untuk Red Bull juga hampir dipastikan, dengan keunggulan 229 poin atas Mercedes. Silver Arrows, Aston Martin dan Ferrari hanya berjuang untuk tempat kedua.

Jadwal Grand Prix Belgia 2023: 

Latihan 1: Jumat Juli 28, 1330 waktu setempat
Kualifikasi: Jumat Juli 28, 1700 waktu setempat
Sprint Shootout: Sabtu Juli 29, 1200 waktu setempat
Sprint: Sabtu Juli 29, 1630 waktu setempat
Balapan: Minggu Juli 30, 1500 waktu setempat

Rival terdekat Red Bull selama dua Grand Prix terakhir adalah pasangan McLaren Lando Norris dan Oscar Piastri. Sejak membawa peningkatan power unit ke MCL60, Norris telah mengamankan podium berturut-turut, dengan Piastri membukukan dua finis lima besar.

Di tempat lain, hanya tiga pembalap yang finis poin dalam semua 11 balapan hingga saat ini. Verstappen, Lewis Hamilton dari Mercedes, dan Fernando Alonso dari Aston Martin. Alonso tetap berada di urutan ketiga dalam klasemen pembalap dengan 142 poin di belakang pembalap Belanda itu, dengan Hamilton di urutan keempat, sekitar enam poin di belakang.

Rekan setim Hamilton, George Russell, berada di urutan kelima klasemen, tetapi dia berhasrat untuk meningkatkan prestasi selama paruh kedua musim ini. Pembalap Inggris itu hanya memiliki satu podium dalam 11 balapan sejauh ini di tahun 2023.

Duo Ferrari Charles Leclerc dan Carlos Sainz berada di P6 dan P7 di klasemen pembalap, dan sekarang mereka berjuang untuk bersaing dengan McLaren dan Mercedes.

Daniel Ricciardo kembali ke grid bersama AlphaTauri di Hungaria dan patut dipuji finis P13, dan dia akan berhasrat untuk tampil lebih baik di Spa - di mana dia sebelumnya meraih kemenangan balapan pada tahun 2014.

Grand Prix Belgia akan berlangsung selama 44 lap, dan yang terbaru di akhir pekan untuk menjadi tuan rumah format Sprint F1 bersama dengan balapan utama pada hari Minggu.

Grand Prix Belgia: Statistik Utama

Legenda Jerman Michael Schumacher memimpin daftar sepanjang masa dengan enam kemenangan di Circuit de Spa-Francorchamps, diikuti oleh Aryton Senna dengan lima kemenangan. Lewis Hamilton (2010, 2015, 2017, 2020) adalah pemimpin di grid saat ini dengan empat kemenangan, sementara Max Verstappen adalah satu-satunya pemenang ganda lainnya dengan kemenangan pada tahun 2021 dan 2022.

Charles Leclerc (2019) dan Daniel Ricciardo (2014) adalah pemenang Grand Prix Belgia lainnya yang akan balapan pada hari Minggu ini. Dalam hal konstruktor, Ferrari memiliki 18 kemenangan di ajang tersebut dengan McLaren selisih empat di belakang dengan 14. Red Bull memiliki lima kemenangan di lintasan.

Trek Grand Prix Belgia: Circuit de Spa-Francorchamps

Sirkuit terpanjang di kalender F1, Circuit de Spa-Francorchamps adalah raksasa 20 tikungan dengan sejumlah bagian terkenal yang menantang para pembalap dengan berbagai cara.

Lap dimulai dengan Eau Rouge berkecepatan tinggi yang mengarah ke Kemmel Straight - kecepatan luar biasa yang dilakukan melalui bagian ini dengan penambahan DRS memungkinkan banyak peluang menyalip.

Bagian kecepatan tinggi lainnya, Pouhon, menguji keberanian pembalap saat mereka ditantang untuk tetap menginjakkan kaki melalui dua tikungan puncak. Beralih ke chicane adalah peluang menyalip lainnya melalui Courbe Paul Frere dan Blanchimont.