3OyBtN5VNys6Is1fNMQy30ojvwXN07RCsYh9Wkvj
Bookmark

Hebat! Lionel Messi Resmi Raih Gelar Ballon d'Or 2023

Lionel Messi Resmi Raih Gelar Ballon d'Or 2023

Mastersave88 - Penghargaan Ballon d’Or ke-67 berlangsung di Theatre du Chatelet di Paris, Prancis, Selasa (31/10/2023) dini hari WIB

Dalam acara tersebut, diumumkan 20 pesepak bola yang menghuni posisi 30 hingga 11. Andre Onana, kiper Manchester United, berada di posisi ke-23, sedangkan Mohamed Salah di posisi ke-11.

Puncak acara malam tentunya adalah ketika sosok Lionel Messi dinobatkan sebagai peraih Ballon d'Or 2023. Itu adalah trofi ke-8 sepanjang kariernya, yang sekaligus membuat dirinya sebagai peraih 'bola emas' terbanyak sepanjang sejarah.

Lionel Messi untuk kedelapan kalinya memenangkan penghargaan bergengsi Ballon d'Or 2023.

Messi mengalahkan bintang Manchester City, Erling Haaland, Kylian Mbappé (ke-3) dan Kevin De Bruyne (ke-4) untuk gelar tahunan versi 2023 yang diberikan oleh France Football.

Daftar Peraih Penghargaan Ballon d'Or 2023

  • Ballon d’Or: Lionel Messi (Inter Miami, Argentina)
  • Ballon d’Or putri: Aitana Bonmatí (FC Barcelona Femení, Spanyol)
  • Kopa Trophy (pemain terbaik U21): Jude Bellingham (Real Madrid, Inggris)
  • Yachine Trophy (kiper terbaik putra): Emiliano Martínez (Astona Villa, Argentina)
  • Gerd Muller Trophy (pencetak gol terbanyak): Erling Haaland (Manchester City, Norwegia)
  • Socrates Award: Vinicius Junior (Real Madrid, Brasil)
  • Club of the Year Manchester City dan FC Barcelona Femeni

Banyak pakar sepak bola memprediksi striker Manchester City, Haaland akan menjadi saingan terberat messi dalam penentuan siapa peraih Ballon d'Or 2023 kali ini.

Jika kita melihat perjalanan karir messi meraih penghargaan dimulai dari sukses membawa timnas Argentina menjuarai Piala Dunia 2022. Ini sekaligus melengkapi koleksi gelar Messi sepanjang karier profesionalnya. Eks pemain Barcelona itu juga terpilih sebagai pemain terbaik di Piala Dunia Qatar. Yang terbaru Messi membantu Inter Miami menjuarai Leagues Cup.

Sedangkan Haaland bersama City meraih treble dengan menjuarai Liga Champions, Liga Inggris dan Piala FA. Haaland juga menjadi top skor di Liga Champions dan Liga Inggris. Musim lalu pemuda Norwegia itu membuat 52 gol dari 53 pertandingan.